Eliana Safitri lubis

Assalamualaikum wr.wb. Salam kenal sebelumnya dengan sahabat-sahabat guru se-Indonesia. Saya Eliana Safitri Lubis, S.Pd. Lahir di Medan. Menamatkan kuliah tahun...

Selengkapnya
Navigasi Web

Hemat Kertas, Hemat Biaya

Ujian UAS tahun ini di SMP Siti Hajar sedikit berbeda. Bila biasanya anak-anak menggunakan kertas sebagai moda ujian, maka kali ini berbasis komputer.

Tujuannya, pertama untuk membiasakan anak-anak ujian dengan komputer karena tahun ini adalah tahun pertama sekolah saya melaksanakan ujian berbasis komputer (UNBK). Kedua, menghemat biaya dan menjaga lingkungan. Jelas saja dengan menggunakan teknologi komputer anggaran untuk menggandakan bahan ujian semakin minim (paperless). Selain itu juga, lingkungan diharapkan lebih bersih. Tidak ada berkas-berkas ujian anak-anak yang teronggok di meja guru.

Ada sedikit cerita menggelikan yang saya alami selama menjadi pengawas di ruang ujian berbasis komputer, yaitu saat anak merasa takut untuk meng"klik" enter. Hal tersebut disebabkan nilai ujian langsung terpampang jelas di layar monitor. Jadi, anak-anak merasa khawatir nilai yang tertera tidak sesuai dengan harapan mereka alias remedial.

Peserta didik terkadang juga tak dapat menahan luapan kegembiraan jika nilai mereka sangat memuaskan. Tentu saja hal ini terkadang bisa memancing respon dari teman yang duduk berdekatan, paling tidak menanyakan : " Nilaimu berapa?"

Nah, didetik-detik akhir inilah pengawas butuh ekstra mengontrol dan mengawasi siswa jangan sampai kecurangan terjadi. Bak kata Bang Napi "Ada Kesempatan dalam Kesempitan"

Memang ujian kali ini terasa bedanya, ibarat sebuah games karena memiliki efek kejut, penasaran, dan lain-lain.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Wah suasana baru evaluasi berbasis komputer. Kapan di Banten demikian yach? Sehat, bahagia, dan sukses selalu. Barakallah.

15 Dec
Balas

Syukron pak...Insya allah menyusul pak...Aamiin..

15 Dec

Wah senangnya bisa melakukan UAS berbasis komputer. Disamping menghemat kertas, guru juga tidak perlu repot mengoreksi karena otomatis hasil pekerjaan siswa ngelink ke sistem xl. Barakallah bunda

15 Dec
Balas

Alhamdulillah benar bunda...Nilai terkoreksi lgsg...Gak repot guru bawa2 hasil ujian...

15 Dec

Alhamdulillah sudah bisa melaksanakan UAS berbasis komputer. Semoga segera disusul oleh sekolah-sekolah lainnya. Waah...seru ya bunda, ketika detik-detik terakhir deg...deg...plas. Pengawas pun harus berikan perhatian ekstra agar moment itu bisa dilewati dengan baik. Salam sehat dan sukses selalu. Barakallah, bunda.

15 Dec
Balas

Benar bunda Raihana...Lucu, unik dan seru,...Plgi di detik2 wqtu berakhir, jadi agak sedikit gaduh....

15 Dec

Alhamdulillah Bu...Mmg penerapan teknologi tepat guna sangat mmbntu tugs2 kita Bu....

15 Dec
Balas

Keren bu bisa ujian berbasis komputer. Tidak perlu ngoreksi lagi bu. Banyak manfaat yang diperoleh dari penerapan teknologi. Top sekolah ibu

15 Dec
Balas



search

New Post